Ini gue ada beberapa gambar mengenai jenis
windshield di kokpit ama di passanger window. Tadinya ni tulisan gue bikin buat
temen gue yang lagi bingung tentang materi windshield yang bakalan dia ambil
buat bahan skripsinya. Perhatiin gambarnya pelan2 aja, baca penjelasanku pelan2
juga, aku nulis dengan gaya santai biar lu ngga bosen bacanya, hehehe. Happy reading!
di kokpit itu kana da beberapa window guys, antaranya
frint window ama slide window, front itu yg didepan, menghadap langsung ke
aliran udara sedangkan slide yang disamping2 itu, yang bisa dibuka
jendelanya. kembali disini di kenakan
perbedaan karakter dan spesific antara yang masing2 windshield (front window),dengan
yang masing2 slide/opened (side window).
nah dua window di kokpit window dengan yang di cabin passanger window itu juga beda nantinya guys. Jadi mending milih satu aja, kabin, atau kokpit, jadi dibatasi gitu kalo mau bahas, yaa semuanya juga bisa sih asal mampu..
nah dua window di kokpit window dengan yang di cabin passanger window itu juga beda nantinya guys. Jadi mending milih satu aja, kabin, atau kokpit, jadi dibatasi gitu kalo mau bahas, yaa semuanya juga bisa sih asal mampu..
ini ngefek ke tingkat kekerasan karena beda
penggunaannya, missal contoh kaya beda kanopi f16 ama helicopter bell aja,
katanya tu kacanya satu pabrikan, tapi beda penggunaan, yang f16 tahan tekanan
statis ampe 1 ton karena yaaa dia kan fighter jet, tekanan diudara nyampe 1
mach, jadi wajar kalo pas diuji tekanannya ampe 1 ton baru dia pecah, beda ama
yang helicopter, dia udah pasti dibawah 1 ton kekuatannya, kan terbangnya ngga
ngebut2 amat. Iya kan?
Nah perbedaan yang kaya gitu yang kumaksud ada
di cabin window ama kokpit window. Bedanya yang disini ngga Cuma beda material
doang, dari pemasangan juga beda kaya yang di gambar2 atas tuh, perhatiin aja
pelan2.
Pake nalar merhatiinnya, jangan make birahi ya, hehehe, ups,
kebiasaan lama, *oke, back to our business (benerin dasi) J
Sekarang pembuatan ama masangnya nih, karena
untuk kokpit ini kusus dia "menderita" kaya pressurized effect
seperti "internal pressurizing" dan juga "frontal impact"
(wind blast pressure) diluar impack benda asing atau FOD ya,.. maka dia mutlak
akan memakai "extrude" / forging former <solid machining
cutting> (buat Large Pressurized and Hi- Altitude – Hi Speed Aircraft) kusus
buat pswt pressurized and Hi- Altitude, kalo yang cabin window kan dia Cuma di
doubler (liat gambar yang atas ada tulisan doubler atau sandwich panel) buat
ngakomodir jendela yang bertekanan rendah. Tapi ada juga guys, jadi baik cabin
maupun kokpit dia udah make extrude. Spesifikasiin aja apa yang mau lu ambil.
Pesawatnya, tingkat speed nya dia gitu. Ama ketinggiannya gitu.
Hmmm… uda kaya nulis blog gueh… segini dulu deh
penjelasannya, kalo ada yang janggal atau salah ketik trus dibaca aneh ya maap2
kata ya guys, ni gw ngetiknye setengah sadar sih.
Hehehehe. Oke, sekian dua ratus perak dari gue,
semoga membantu buat kalian yang lagi pengen bahas jendela burung besi ini.
Materinya banyak kok di buku-buku penerbangan, kaya di material pesbang,
struktur, heat transfer, bahkan sampe A/C maintenance manualnya. Jadi kalo
kalian minat bisa belajar sendiri dari buku-buku itu, sesuai dengan jenis
pesawa apa yang mau kalian ambil. Gitu.
Good Luck
Tidak ada komentar:
Posting Komentar