Rabu, 13 Februari 2013

Windshield Pesawat


Ini gue ada beberapa gambar mengenai jenis windshield di kokpit ama di passanger window. Tadinya ni tulisan gue bikin buat temen gue yang lagi bingung tentang materi windshield yang bakalan dia ambil buat bahan skripsinya. Perhatiin gambarnya pelan2 aja, baca penjelasanku pelan2 juga, aku nulis dengan gaya santai biar lu ngga bosen bacanya, hehehe. Happy reading!


ada ciri kusus dari windshield ini yang menggunakan "Heating" guys, jadi selain dimaksudkan sebagai "window yang anti es",...juga diperuntukan buat suhu/kehangatan tertentu,....nah saat itu didapatkan "elastisitas efect" efek elastis/alias lentur pada berbagai kondisi cuaca seperti pada "relatif perubahan ambient Suhu dan Tekanan statis",... plus tekanan dinamis itu tadi. Jadi elastis yang dimaksud dari efek heater itu ternyata dari situ. Ya ngga jauh beda dari penjelasanku sih, di posting sebelumnya. Cuma ini lebih detail penjelasannya, jadi nyangkut hubungan antara heater ama lenturnya.
            di kokpit itu kana da beberapa window guys, antaranya frint window ama slide window, front itu yg didepan, menghadap langsung ke aliran udara sedangkan slide yang disamping2 itu, yang bisa dibuka jendelanya.  kembali disini di kenakan perbedaan karakter dan spesific antara yang masing2 windshield (front window),dengan yang masing2 slide/opened (side window).
nah dua window di kokpit window dengan yang di cabin passanger window itu juga beda nantinya guys. Jadi mending milih satu aja, kabin, atau kokpit, jadi dibatasi gitu kalo mau bahas, yaa semuanya juga bisa sih asal mampu..
ini ngefek ke tingkat kekerasan karena beda penggunaannya, missal contoh kaya beda kanopi f16 ama helicopter bell aja, katanya tu kacanya satu pabrikan, tapi beda penggunaan, yang f16 tahan tekanan statis ampe 1 ton karena yaaa dia kan fighter jet, tekanan diudara nyampe 1 mach, jadi wajar kalo pas diuji tekanannya ampe 1 ton baru dia pecah, beda ama yang helicopter, dia udah pasti dibawah 1 ton kekuatannya, kan terbangnya ngga ngebut2 amat. Iya kan?
Nah perbedaan yang kaya gitu yang kumaksud ada di cabin window ama kokpit window. Bedanya yang disini ngga Cuma beda material doang, dari pemasangan juga beda kaya yang di gambar2 atas tuh, perhatiin aja pelan2.
Pake nalar merhatiinnya, jangan make birahi ya, hehehe, ups, kebiasaan lama, *oke, back to our business (benerin dasi) J
Sekarang pembuatan ama masangnya nih, karena untuk kokpit ini kusus dia "menderita" kaya pressurized effect seperti "internal pressurizing" dan juga "frontal impact" (wind blast pressure) diluar impack benda asing atau FOD ya,.. maka dia mutlak akan memakai "extrude" / forging former <solid machining cutting> (buat Large Pressurized and Hi- Altitude – Hi Speed Aircraft) kusus buat pswt pressurized and Hi- Altitude, kalo yang cabin window kan dia Cuma di doubler (liat gambar yang atas ada tulisan doubler atau sandwich panel) buat ngakomodir jendela yang bertekanan rendah. Tapi ada juga guys, jadi baik cabin maupun kokpit dia udah make extrude. Spesifikasiin aja apa yang mau lu ambil. Pesawatnya, tingkat speed nya dia gitu. Ama ketinggiannya gitu.
Hmmm… uda kaya nulis blog gueh… segini dulu deh penjelasannya, kalo ada yang janggal atau salah ketik trus dibaca aneh ya maap2 kata ya guys, ni gw ngetiknye setengah sadar sih.
Hehehehe. Oke, sekian dua ratus perak dari gue, semoga membantu buat kalian yang lagi pengen bahas jendela burung besi ini. Materinya banyak kok di buku-buku penerbangan, kaya di material pesbang, struktur, heat transfer, bahkan sampe A/C maintenance manualnya. Jadi kalo kalian minat bisa belajar sendiri dari buku-buku itu, sesuai dengan jenis pesawa apa yang mau kalian ambil. Gitu.
Good Luck











Tidak ada komentar:

Posting Komentar