Sabtu, 17 Agustus 2013

High Risk Job

Ahh.. lama ngga nulis nih guys, ngga dapet ide soalnya. Baru tadi aja dapet ide gara-gara nonton berita kecelakaan di jalur mudik. Gue mau sedikit share pengalaman gue yang nyaris kecelakaan. Tapi bukan kecelakaan di jalan karena mudik sambil ngantuk sembari bawa karung isi beras yah, (itu entah mau mudik ato baru panen dari kebon?).

Awal cerita nih, waktu itu gue pas lagi On Job Training (OJT) di sebuah hanggar  MRO (Maintenance, Repair and Overhoul), atau kalo lo yang ngga tau, itu semacam bengkel pesawat. Tempat pemeliharaan dan perbaikan pesawat gitu,  baik dalam skala ringan atau berat. Nah sebulan pertama itu gue ngalamin beberapa kejadian kecelakaan kerja, dari yang cuma lecet kena benda tajam, ketetesan Skydrol, ampe telapak tangan gue yang ketembus wire(kawat) waktu gue lagi wiring (ngawatin) baut di tail section (bagian ekor pesawat). Bener-bener TEMBUS lho guys!

 Efeknya, macem-macem dari tiap kecelakaan itu. Misal kena Skydrol, Skydrol itu semacam cairan hidrolik di beberapa bagian pesawat. Dan sifatnya kalo kena cairan ini lumayan parah, kalo kena kulit, rasanya tu seolah-olah tangan lo yang lagi luka lecet, di kasih balsem geliga!  Jadi perih, panas, efek ngebakar gitu. Bagi para mekanik pesawat di tempat gue kerja dulu, ada istilah “ kalo belum kena skydrol, belum mekanik namanya. Soalnya udah pasti kita bakal ketetesan karena hampir setiap bagian pesawat yang digerakin dari kokpit itu make tenaga hidrolik. Jadi saat ngecek atau ganti part yang berhubungan dengan itu, pasti lo bakal minimal ketetesan tu cairan terkutuk! 

Pas itu gue kena di mata! Efeknya bisa kebayang, kebutaan sementara! Yang ketetesan mata kiri, tapi yang kena efek buta dua-duanya. Selama beberapa menit mata gue ngga bisa liat. Putiiih semua, padahal udah dikocorin air bersih selama mungkin. Dan selama sehari itu, gue sukses kedip-kedipin mata kaya cowo keganjenan (atau malah lebih mirip anak cacingan). Tapi beruntung itu efeknya Cuma sehari aja.

Sedangkan pas tangan gue ketembus kawat, itu sih emang gue aja yang kurang merhatiin safety nya. Sembari kerja gue becandaan ama mekanik lain. Jadi hasil wiring yang gue bikin di salah satu baut rod (semacam batang penghubung) elevator waktu itu ngga sempurna. Ahirnya gue lepas lagi, nah pas ngelepas itu gue kurang ati-ati, sangking kuatnya narik kawat, kawat yang gue tarik bablas ngenain tangan gue yang lain yang lagi megangin Rod. Awalnya gue ngga sadar sampe ada darah ngocor dari tangan gue. Pas dicuci jug ague belum ngeh, kirain cuma ketusuk aja, eh ngga taunya bleeding dari dua titik! Atas dan bawah telapak tangan, dan itu artinya tangan gue ketembus kawat. Gue mendadak pucet dan langsung ke klinik yang dijagain dokter muda cewe yang paling cantik se hanggar MRO disana! Enak sih dipegang-pegang ama doi, tapi tetep aja abis itu tangan gue ngga bisa nge-genggam selama empat hari. 

Dari semua kecelakaan ringan yang gue alamin, gue belum begitu ngeh tentang resiko kerja di hanggar burung besi ini. Sampai gue ngalamin sesuatu yang bikin gue ngeri sekaligus bersyukur gue masih dikasih kesempatan buat cerita ini ke kalian. Waktu itu gue kebagian bongkar pesawat B737 seri 200 yang udah abis umurnya. Gue kebagian bongkar APU (Auxialary power unit) yang ada di tail section. Rampung ngeluarin si APU ini, gue lanjut bongkar elevator.

Nah selesai elevator diturunin, tinggal ngelepas Rod yang kecil-kecil dan itu bautnya ada di dalem ekor, di belakang bagian APU. Gue masuk kesitu bermodal lampu neon dan tools lain yang gue perlu. Asal lo pada tau, didalem itu sempit banget. Isinya besi baja yang jadi rangka horizontal stabilizer (sirip ekor pesawat yang horizontal). Ruangan sempit itu sebenernya ruang tempat si beton baja bergerak saat horizontal stabilizer ini (ibaratnya) di setel naik turun. Awalnya gue kerja ngga ada apa-apa. Sampai istirahat makan siang, kami semua istirahat dan balik lagi ke hanggar setelah selesai.
Rod. (source:google search/forums.pelicanparts.com )




 Selesai rehat gue balik ke pos gue, di tail section. Belum ada temen-temen mekanik lain, jadi gue nyiapin tools gue yang mau gue bawa masuk ke dubur pesawat ini. Pas lagi nyiapin itu, gue kaya denger suara benda besar bergerak. Bayangin aja lo di lift penuh, trus lo denger suara lift itu pas naik ke atas. Nah mirip-mirip suara gitu yang gue denger. Dan beberapa detik kemudian, BRAKKK!! PRAKK!! Gue reflek lompat ke belakang. Dan gue liat sirip horizontal pesawat itu bergerak turun! Langsung aja gue lari ke kokpit, soalnya cuma control dari kokpit yang bisa gerakin benda segede gitu perlahan turun. Dan bener aja, ada mekanik lagi ngoprek! Langsung aja gue teriak dari cabin, 

“Pak!! Jangan diturunin! Lagi ada orang kerja didalem!!”
Mekanik itu gelagapan, langsung dinaikin lagi ke posisi semula sambil bilang
“orangnya ngga papa?”
“ngga papa pak, saya belum masuk, tapi alat penerangan ancur didalem!”

Boeing 737-200 (source :google search/b737.org.uk)

Waktu itu yang bikin gue kaget, gue ngga liat kertas peringatan  yang biasanya di cantolin di panel yang buat ngegerakin itu ekor. Itu buat ngasih tau orang yang disitu supaya ngga nyentuh cetekan itu. Soalnya lagi ada pengerjaan di bagian itu. Abis lari-lari panik gue naik lagi ke atas, disana udah ada temen-temen mekanik ama leader mekanik gue, nanya ada apa. Setelah gue jelasin, si leader ke kokpit, ngga tau ngapain. Dan gue disuruh beresin pecahan lampu dan nyelesein job gue.

Satu hal yang gue syukuri saat itu, gue belum masuk ke ruang sempit itu. Padahal semangat kerja gue waktu itu lagi ON banget.  Gue ngga kebayang kalo semisal gue masuk ke dalem trus badan gue kegencet besi rangka pesawat, yang tebelnya ngga kurang dari tebel kardus sepatu olahraga orang dewasa itu. Mungkin badan gue udah kepotong jadi dua kalo gue masuk ke dalem. Dan sejak saat itu, setiap gue mau masuk ke suatu ruang kerja yang bisa digerakin dari tempat lain, gue selalu mastiin dulu ada notice di panel kontrol di kokpit atau dimana yang isinya peringatan kalo benda ini jangan digerakin! Lagi ada orang kerja didalem!

Gue sangat bersyukur, terima kasih Ya Allah, gue masih dikasih kesempatan sampai detik ini. Dari yang dulu OJT di hanggar bareng mekanik, sekarang udah mau ke hanggar lagi bareng mekanik lagi. Tapi untuk tujuan berbeda. Kalo waktu itu gue tujuannya buat syarat perkuliahan gue di kampus, besok ini tujuan gue ke hanggar buat training kerja dan orientasi supaya gue lebih bisa menghargai rekan-rekan mekanik yang kerja di lapangan. Dan pesen gue buat kalian yang kejaannya high risk, jangan sepelein standar safety-working-nya perusahaan kalian. Jangan males walopun Cuma disuruh make sarung tangan. Karena kalo ntar ada apa-apa yang rugi juga kalian. Udah banyak kejadian fatal yang disebabkan hal yang (di anggap) sepele, dan males dikerjain. Padahal itu salah satu prosedur keselamatan kerja. 

Banyak orang juga lebih mentingin pengalaman mereka saat kerja tanpa memperhatikan standar safety-nya dengan alesan “ah, selama ini gue gini juga ngga kenapa-kenapa”, dari pada ngikutin prosedur yang dibikin perusahaan. Ayolah.. kalian ngga kenapa-kenapa saat itu cuma karena hoki aja bro. jangan dijadiin tameng buat ngelanggar aturan. Apa mesti harus kejadian dulu baru mau naatin peraturan keselamatan kerja? Ngga kan? Pikir lagi deh sebelum kaloan ngelanggar prosedur keamanan kerja itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar