Main Landing
Gear Operational Check Pesawat Dornier 328 Jet
DI PT. AERO NUSANTARA INDONESIA
SEJARAH
PERUSAHAAN
PT. Aero Nusantara Indonesia (PT.ANI) adalah perusahaan yang
bergerak dibidang jasa pelayanan pemeliharaan, perawatan dan perbaikan komponen
pesawat.
Pada awalnya untuk melengkapi pelayanan pemeliharaan
pesawat-pesawat induk perusahan dan berkembang terus sehingga PT.Aero Nusantara
Indonesia telah menjadi salah satu pusat pelayanan jasa inspeksi pemeliharaan
dan perbaikan pesawat (Aircraft Maintenance Services) yang maju di
Indonesia dengan fasilitas pelayanan pesawat yang luas dan terpadu .
PT. Aero Nusantara Indonesia berlamat kantor di Gedung Wisma
Tamara lantai 8 R.801, Jln. Jendral Sudirman Kav.24 Karet – Setiabudi, Jakarta
Selatan 12920 Indonesia. Lokasi pemeliharaan dan perbaikan pesawat berada di
fasilitas hangar kalibrasi Bandara Budiarto Curug-Tangerang.
Pada tanggal 1 November 2000, PT. Aero Nusantara Indonesia
telah mendapatkan sertifikat dari Departemen Perhubungan, Direktorat Jendral
Perhubungan Udara nomor 145 / 48900. Adapun Visi PT.Aero Nusantara Indonesia
adalah sebagai pusat pemeliharaan pesawat terbang terlengkap di Indonesia
dengan standar kualitas Internasional dan Misi dimana PT.Aero Nusantara
Indonesia mampu memelihara pesawat terbang secara efisien dengan mutu yang
tinggi serta memenuhi ketepatan waktu dan kepuasan pelanggan.
PROFIL PERUSAHAAN
PT. ANI merupakan (Strategis Bussines Unit – SBU).
PT. ANI telah menjadi bagian pabrikasi dan pemeliharaan pesawat ANI yang telah
beroperasi semenjak tahun 2001 di bandara Budiarto Curug Tangerang. Kemampuan
beroperasi telah diakui oleh badan
otoritas Amerika Serikat (FAA), untuk service pesawat bertaraf
internasional maupun domestik. PT
ANI telah mendapatkan penetapan dan diberikan kuasa sebagai suatu organisasi pemeliharaan yang
disetujui yaitu AMO (Approved Maintenance Organitation ) dengan rating Limited
Airframe, Limited
Powerplant, Limited
Propeler, Limited
Radio dan lain- lain.
PT.ANI memiliki kemampuan untuk melakukan perawatan dan
perbaikan antara lain Perawatan untuk Boeing 737-200 hingga “D-check” , Perawatan seri MD 80 dan MD 82
hingga “C-check”, Perawatan
“Inspection Program Control “ yang andal, Pemeriksaan dan perbaikan rem dan roda, NDT (Non Destructive Testing). Fasilitas yang dimiliki PT. ANI antara
lain :
Landasan Pacu. PT. ANI memakai landasan pacu milik bandara
Budiarto Curug. Landasan ini dapat dipakai sebagai landasan untuk terbang latih
untuk STPI Curug dan dipakai untuk pesawat-pesawat yang akan melakukan
perawatan di PT.ANI untuk sekelas B737-200, B737-500, ATR 42, MD 80, Dornier 328 (take off
dan landing), serta biasa juga dipakai untuk engine run up.
Hanggar dan Apron.
PT.ANI
memiliki 2 hanggar yang cukup untuk menampung pesawat sekelas Boeing 737
serta apron yang cukup luas untuk
menampung pesawat yang sedang menunggu perawatan.
Workshop. PT.ANI memiliki beberapa workshop yang
dapat mendukung proses perawatan pesawat di PT.ANI. Adapun workshop yang
dimiliki oleh PT.ANI antara lain Engine
Shop, Avionic Shop, Flight Control Shop, Cabin Shop, Sheet Metal Shop, Wheel
and Brake shop, Composite
Shop, Painting Shop, Welding Shop
LATAR BELAKANG
MASALAH
Landing gear
merupakan salah satu bagian terpenting dari pesawat untuk menopang pesawat terbang saat pengoperasian di
darat baik saat take off, landing ,maupun taxi. Oleh karena itu
setelah menjalani perawatan, performa landing gear harus selalu dicek
keadaannya untuk memastikan tidak ada kegagalan operasional pada saat
penggunaanya. Pengecekan ini dikenal dengan istilah operational check.
TUJUAN DAN
MANFAAT KERJA PRAKTEK
TUJUAN KERJA
PRAKTEK
• Untuk
mengetahui perawatan Main Landing
Gear pada pesawat Dornier 328 jet.
• Mengetahui proses dan tujuan Main
Landing Gear Operational Check.
- MANFAAT KERJA PRAKTEK
• Sebagai
kesempatan mahasiswa untuk melatih kemampuan kerja untuk diterapkan dalam dunia
kerja yang sesungguhnya.
• Mengetahui
secara nyata bagian-bagian dari Main
Landing Gear dan langkah-langkah dalam Main Landing Gear Operational Check pada saat proses perawatannya
BATASAN MASALAH
Dalam laporan
ini, pembahasan hanya meliputi tentang bagaimana tahapan dan tujuan dari operational
check yang dilakukan setelah proses perawatan pada main landing gear
pesawat Dornier 328 jet.
MAIN LANDING GEAR
PESAWAT DORNIER 328 JET
Landing gear pesawat Dornier 328 terdiri dari dua main
landing gear dan satu nose landing gear. Main landing gear
pesawat Dornier 328 disuplai oleh tenaga hidrolik dalam pengoperasiannya. Saat
tenaga hidrolik dari sistem hidrolik mengalami kegagalan fungsi, untuk
pengoperasian landing gear extension dilakukan secara manual dengan emergency
landing gear extension lever yang
ada di kokpit.
Main landing
gear terdapat diantara fuselage
frame 24 dan 26. Sedangkan nose landing gear terdapat di bawah
kokpit / flight compartmen.
PROSES PERAWATAN MAIN
LANDING GEAR PESAWAT DORNIER 328 JET
- Main Landing Gear Removal
- Cleaning and Lubrication
Inspection
Repair as Necessary
- Check by Quality Inspector
- Main Landing Gear Assembly
Main
Landing Gear Operational Check
Main landing
gear operational check
merupakan pengecekan terhadap fungsi operasi dari main landing gear yang
sudah terpasang pada pesawat. pengetesan ini bertujuan untuk memastikan bahwa
semua bagian dari main landing gear system berfungsi dengan baik seperti
sedia kala. Secara umum, main landing gear operational check meliputi
pengecekan pada :
Kondisi putaran wheel
Memeriksa putaran
wheel yang sudah tepasang pada wheel axle. Apakah wheel berputar
terlalu bebas atau ada tidaknya goyangan pada wheel yang berputar.
Memeriksa Kinerja
Brake
Memastikan brake dapat beroperasi sebagai mana
mestinya saat wheel diputar. Pengecekan ini juga dilakukan pada saat retraction
untuk memastikan wheel berhenti
saat main landing gear berada
pada posisi up.
Memeriksa Proses Retraction
dan Extension Main Landing Gear
Memeriksa keadaan
main landing gear saat retraction dan extension dan
memastikan pada saat transisi main landing gear menuju / dari gear
bay berjalan dengan lancar dan tidak terlalu lama.
Memeriksa Kinerja
Up and Down Lock dan Kondisi Main Landing Gear Door
Mengantisipasi
apakah salah satu atau kedua sistem pengunci main landing gear itu tidak
berfungsi. Jika uplock tidak berfungsi, main landing gear akan
kembali ke posisi down. Kegagalan fungsi uplock itu bisa
disebabkan dari setingan uplock yang kurang pas.
Selanjutnya
memeriksa main landing gear door saat landing gear dalam posisi up.
Apakah kondisi main landing gear door sudah tertutup rapat dengan
semestinya atau belum.
Warning horn
operation and indicating system
Memeriksa keadaan
lampu indikator pada lever yang ada di kokpit. Apakah menyala sesuai
dengan operasi yang sedang berlangsung pada main landing gear (retraction,
transisi, atau extension).
JOB CLOSE-UP
Setelah proses
operational check selesai, prosedur selanjutnya adalah job close up, yang
meliputi:
Memastikan posisi
lever pada landing gear selector lever di kokpit pada posisi DN
(down) dan safety pin sudah terpasang pada kedua main landing
gear side strut dan NLG drag strut.
Melepas sambungan
power elektrik dan membersihkan area dari benda- benda dan tools yang
sudah tidak dipakai.
Melepas warning
notice dan melepas tripod jack bila sudah tidak ada pengerjaan pada landing
gear.
KESIMPULAN DAN
SARAN
KESIMPULAN
- Inspeksi pada pesawat selalu
dilaksanakan setiap periode tertentu sesuai dengan jenis pesawat terbang.
Pada saat pesawat masuk ke base maintenance, pesawat tersebut akan
di inspeksi, jika terdapat kerusakan maka akan di lakukan repair
sebagai usaha untuk mengembalikan keadaan pesawat agar layak terbang.
Sebelum dilakukan pekerjaan pada pesawat, mekanik atau crew teknisi
harus mendapat perintah kerja atau task card dari engineer
melalui PPC (Production Planing Control). Perawatan landing
gear pada pesawat Dornier 328 jet dilakukan setiap 4000 jam terbang
dan meliputi Aircraft Jacking, Inspection / visual check (pada saat
komponen belum dilepas, saat komponen sudah dilepas dan dibersihkan, dan
saat komponen siap dipasang kembali), Removal component, Cleaning and
lubrication, Repair, Assembly , dan Operational check .
- Operational check dalam proses perawatan main
landing gear pada pesawat dornier 328 jet bertujuan untuk memastikan
komponen main landing gear yang telah dilepas dan menjalani
perawatan berfungsi kembali dengan baik tanpa adanya kegagalan sistem.
Beberapa hal yang sangat diperhatikan pada saat operasional check antara
lain :
-Kondisi putaran
wheel dan brake
-Kinerja
automatic brake
-Waktu Retraction
dan extension main landing gear
-Kinerja up and
down lock
-Kondisi man
landing gear door
-Warning horn
operation and indicating system
SARAN
Penulis menyarankan untuk pelaksanaan Kerja Praktek bagi
teman-teman kami selanjutnya adalah
sebagai berikut:
- Menguasai
fundamental ilmu-ilmu yang telah dipelajari di perkuliahan.
- Membiasakan diri memakai bahasa
inggris agar mudah dalam berkomunikasi dengan leader di tempat kerja praktek
yang berasal dari luar negeri.
- Mencari
informasi sebanyak–banyaknya mengenai kerja praktek.
- Membuat strategi dalam menghadapi
lingkungan Kerja Praktek.
- Mempelajari bidang- bidang yang akan
dijalani di tempat kerja praktek.
- Mengumpulkan data maupun bahan
sebanyak – banyaknya guna mendukung proses pembelajaran.
Terima
Kasih
Riki Guntara 08050030 Teknik Penerbangan STTA Yogyakarta
assallammualaikum.
BalasHapusbang saya dari stta.
bagaimana prosedur kerja praktek di PT.ANI. terima kasih