Selasa, 30 Juli 2013

"We Make Metal Fly!"

We make metal fly! itu semacam tag line yang gue baca pas buka web tentang Aircraft maintenance alias perawatan pesawat dimana gue berkecimpung saat ini. Metal disini bukan anak-anak yang nyanyi hard rock, gondrong, ama salam tiga jari itu, bukan men! itu fatal banget jadinya kalo diartiin metal yang itu.. masa gue nerbangin mereka ke langit? dilempar gitu? yang ada gue yang di lemparin sepatu ama mereka! bukan itu!.

Maksudnya metal itu metal dalam artian baja atau logam...kalian tau kan (sebagian besar)body pesawat itu terbuat dari logam? tapi jangan diartiin gue ngelempar pesawat segede gitu yah...(aduh.. susah juga nih ngartiinnya..) Maksudnya itu gue berperan ngejaga tu kondisi pesawat biar tetep fit dan bisa layak dipilotin ama kapten supaya dianya terbang. Kapten pilot pesawat tentunya, bukan kapten kapal laut, apa lagi kapten bis AKAP! bukaaan, bukan kapten yang itu.. oke, ngerti ya?? lanjuut..

Selama ini gue juga ngga nyangka men, gue bakalan masuk ke bidang ini, gimana mau nyangka coba, sejak SMA aja gue uda ngambil jurusan IPS. Alias bagian orang ekonomi, dan entah dasar kekhilafan apa kampus gue nerima gue di jurusan Teknik Penerbangan! Jurusan yang harusnya di tongkrongin ama anak-anak IPA dan SMK otomotif,mesin,atau penerbangan tentunya. Gue juga dulu heran sebenernya, jangan-jangan ni kampus salah ngasi info atau gimana, atau bagian seleksinya lagi mules jadi main terima aja? ah, tapi sudahlah.. Walau gimana juga ini rejeki mereka dapet mahasiswa kece kaya gue (kemudian ngambil sisir). 

dari awal kuliah, sampe gue lulus, gue dapet banyak ilmu baru yang belum pernah gue dapet selama ini. Walaupun keteteran di mata kuliah itungan berat, tapi untungnya gue bisa ngikutin walopun nyontek ama temen atau ngakalin dosen(piss pak dosen). Intinya, gue jadi semakin interest banget ama yang namanya dunia penerbangan. Gue jadi tau, kalo sayap pesawat itu isinya bahan bakar, gue kira dulu "bensin" pesawat tu ditaroh di perutnya. Gue juga jadi tau kalo pesawat itu ngga punya spion, (biar pilotnya move on dari mantan katanya :D). Intinya banyak banget yang gue ngga tau tentang pesawat gue dapet di jaman kuliah ini. termasuk dapet kesempatan jadi pacar mbak mugari yang satu itu, dan itu sukses bikin gue gagal move on, ah..lupakan bagian itu pemirsah. Back to the topik.

Tapi satu hal yang bikin gue penasaran sampe sekarang, gue masih belum bisa terima aja, gimana orang sekecil itu(pilot) bisa bikin benda segede paus direndem minyak tanah 100 taun kaya gitu, (oke rada lebay juga, lagian mana ada paus mau direndem minyak tanah, bisa dimakan lo ama dia!) Yaa, benda segede itu pokoknya, bisa bergerak? terbang? belak-belok? muter-muter? ampe lending trus berhenti lagi? gimana coba?? kadang gue mikir ampe segitunya. ngga penting emang, tapi itu ngganjel buat gue. dan gue harap kalian ngga ikut keganjel juga, tar kalo ganjelan gue diambil, gue diganjel apa dong?(ini bahas apasih??).

Tapi walaupun ini bukan impian gue dari keci, jadi seorang yang nantinya bakal terlibat dibalik layar dalam proses terbangnya pesawat itu menurut gue cukup, bahkan bisa dibilang sangat membanggakan. Secara ga langsung, gue udah ngebantu kalian-kalian yang mau bepergian jauh, butuh waktu cepet, dan dicengirin pramugari tentunya, yang penting lo ngga cengengesan aja ama tu pramugari, kalo ngga pengen dikira kejedot pintu pesawat, atau parah-parahnya, ntar malah lo yang dijedotin ke pintu pesawat(ama security).

Disini gue kerjasama, ama mekanik di hanggar, ama enginer lain, ama atasan (leader)gue, ama menejer teknik, ama ground crew di bandara, ampe ama pilot dan pramugarinya. Malahan ampe ama ibu kantin, OB, Satpam hanggar, ampe orang lewat pun gue ajak kerja sama! ngembangin bisnis, dan nguasai dunia persilatan ini! HUAHAHAHAHA!!! (eh,) maaf ngelantur, gue sangking bersemangatnya soalnya. Mumpung  belum dikuasai negara api.

Intinya gue bangga ama apa yang gue lakuin sekarang. Gue ngga nyesel kenapa gue ngga masuk akuntansi waktu kuliah(soalnya emang ngga keterima), dan di tahap kuliah itu, gue bisa selesein dengan waktu yang lebih cepat dari target(walopun skripsi gue rada ngasal, but masih bisa dibilang oke lah). Sekarang-sekarang ini, gue lagi prepare buat semakin memantapkan diri buat bisa terus konsisten jadi orang yang mantep kalo bilang; I am an Aircraft Engineer, We make metal fly, and here, together we make people fly.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar